Bahayanya Ketagihan Infotaiment


Infotaiment menurut Wikipedia adalah salah satu jenis penggelembungan bahasa yang kemudian menjadi istilah populer untuk berita ringan yang menghibur atau informasi hiburan. Infotaiment merupakan kependekan dari istilah Inggris information-entertainment. Infotainment diIndonesia identik dengan acara televisi yang menyajikan berita selebritis dan memiliki ciri khas penyampaian yang unik. Tayangan infotainment memiliki pengaruh yang besar terhadap “konsumsi” hiburan bagi ibu-ibu rumah tangga. Namun sayangnya, pengaruh tersebut condong kearah yang negatif. Beberapa pengaruh tersebut menimbulkan akibat yang tidak baik bagi keadaan rumah tangga. Contohnya saja dengan meningkatnya perceraian yang sebenarnya sangat tabu dibicarakan dan sangat jarang terjadi ketika masa orang-orang terdahulu sebelum hadirnya infotaiment.

Infotaiment umumnya berisikan berita hal-hal yang berbau dengan keartisan. Segala tingkah polah artis dari yang baik sampai yang buruk pun disiarkan oleh acara-acara infotaiment. Seperti perceraian, pemukulan, narkoba, pembunuhan, kematian sampai selebritis yang hamil diluar nikah pun disiarkan oleh acara infotaiment ini. Bahkan disetiap stasiun televisi pun pasti ada program yang berbau informasi entertainer ini. Dan yang paling banyak mengkonsumsi acara ini yakni dari kalangan ibu-ibu maupun remaja putri, tidak jarang jika terkadang mereka sering melupakan tugasnya sehari-hari hanya demi acara infotaiment. Menurut mereka acara gossip lebih penting daripada memasak.Adapula dari kalangan ibu-ibu dan remaja ini yang meniru segala tingkah dan kehidupan para artis. Sungguh ironi jika perlakuan buruk para artis itu ditiru karena adanya media yang menyiarkan kepada masyarakat tanpa sensor.

Artis adalah public figure. Segala tingkah dan adabnya di perhatikan oleh setiap orang, tak jarang banyak yang dari kalangan masyarakat yang mengidolakan mereka.Adabaiknya mereka harus memerhatikan segla kelakuannya agar tidak menjerumuskan para idolanya akan hal yang sama.karena jika diperhatikan, kehidupan para artis sekarang sudah banyak yang mengadopsi kehidupan orang-orang barat. Rata-rata artis sekarang kehidupannya sangat bebas. Mereka juga dapat dijadikan penyebab merosotnya moral anak bangsa.namun hal ini tidak akan terjadi jika tidak ada yang mempublikasikan. Orang yang mengejar berita artis juga harus dapat menetapkan berita pada hal-hal baik untuk konsumsi masyarakat. Jangan jadikan kemalangan artis sebagai ajang untuk mengeruk keuntungan, perhatikan juga dampaknya bagi masyarakat.

Tidak hanya itu, masyarakat juga harus bias menempatkan berita tersebut kepada hal-hal yang positif. Tidak langsung menjadikan kesalahan mereka sebagai hal yang wajar. Untuk para remaja yang masih labil, dalam menyimak acara infotaiment itu jangan terlalu maniak. Karena mereka cenderung berpikir pendek dalam melakukan sesuatu, dan mereka juga cenderung meniru tingkah polah dari idola mereka. Begitu pula dengan para ibu-ibu rumah tangga maupun yang berkarier, seharusnya mereka bisa menjadi tameng bagi keluarga dalam persoalan moral anggota keluarganya, jangan malah menjadikan acara infotaiment itu acara yang layak ditonton. Didalam agama islam pun sudah mengharamkan hal-hal yang berbau aib. Seperti bunyi hadis berikut “ Barang siapa yang membuka aib seseorang muslim dengan satu dosa, maka dia tidak akan mati sebelum dia melakukan aib yang dibukanya.” (HR. Tarmizi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s